Hari ini mungkin industri yang paling moncer dan masih gemerlap itu adalah bisnis informasi dan teknologi informasi beserta segala tururuannya. Namun, bisnis nyata yang sudah didepan mata di Indonesia senyatanya adalah bisnis Food Agriculture. Termasuk didalamnya Fishery and Aquaculture. Potensi luar bisa ini juga diintip antara lain oleh Global Business Guide IndonesiaIndonesia Invesment dan para investor dunia.

Menurut BKPM, Sektor pertanian merupakan salah satu tulang punggung dalam pembangunan perekonomian nasional. Selain mampu menyerap tenaga kerja, sektor pertanian juga berperan penting dalam pembentukan PDB, penerimaan devisa, penyediaan pangan, pengentasan kemiskinan, perbaikan pendapatan masyarakat, bahkan pembentuk budaya bangsa dan penyeimbang ekosistem.

Salah satu hal penting dalam sektor pertanian merupakan sektor pangan. Ketersediaan pangan menjadi sangat penting seiring dengan tingkat pertumbuhan masyarakat Indonesia saat ini. Berdasarkan Sensus Penduduk tahun 2015, jumlah penduduk Indonesia sudah mencapai 257,9 juta jiwa. Jumlah ini menuntut ketersediaan dan ketahanan pangan yang besar untuk dipenuhi. Oleh karena itu, dalam upaya mengatasi persoalan pangan ini, investasi sektor pangan perlu untuk ditingkatkan.

Realisasi investasi di sektor pangan mengalami tren yang positif. Hal ini akan terus didukung oleh pemerintah untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian melalui investasi pada rantai pasok dan modernisasi alat-alat pertanian. Diharapkan dengan menguatkan investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), pertumbuhan Penanaman Modal Asing (PMA) akan meningkat.

Lalu, MENGAPA KITA HARUS MEMILIH USAHA BERSAMA MAKSIPLUS ? Mari kita bandingkan satu persatu data statistik Food Agriculture Indonesia antara tahun 2012 Vs 2030 :

  • Peringkat perekonomian dunia : 16 Vs 7
  • Jumlah penduduk perkotaan : 53% Vs 71%
  • Peluang pasar di jasa konsumer, agribisnis dan perikan US$ 0,5 triliun vs 1,8 triliun
  • Tenaga Kerja Terlatih : 55 jt Vs 113 jt
  • JUMLAH KELAS MENENGAH : 45 jt Vs 135 jt

Dari data diatas, hingga tahun 2030, Indonesia mendapapat keuntungan yang berlipat-lipat :

  • BONUS DEMOGRAFI, dimana mayoritas masyarakat yang tinggal di kota itu mencapai hingga 71%. Tuntu saja mereka semua itu perlu makan, jajan, ngemil dan kuliner yang memunculkan kebutuhan pangan yang sangat besar.
  • Indonesia mendapatkan PERINGKAT PEREKONOMIAN NO. 7 di dunia.
  • Empat sektor potensial, salah satunya adalah PERTANIAN dan PERIKANAN punya nilai ekonomi yang sangat potensial senilai lebih dari 5.000 triliun rupiah (US$ 450 milyar)
  • Data pertumbuhan industri Minimarket, Supermarket, Hypermarket dan Modern Trade di Indonesia yang terus tumbuh agresif.
  • Tren urban farming dengan hydroponik dan aquaponik di berbagai kota, kini juga selain sudah banyak diterapkan di rumah di kota-kota dan lingkungan ke-RW-an, juga sekarang sudah menjadi bahan praktikum berbagai sekolah SMK dan Sekolah Pertanian Indonesia.

food-agriculture-indonesia

Disisi lain, trend kebutuhan produk “pertanian pangan organik” nampak semakin nyata dan sangat pesat akhir-akhir ini, sehingga bisnis ini menjadi sangat menarik dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat perkotaan.

Singkat cerita, kondisi ini memunculkan peluang bisnis baru yang bisa kita rintis mulai dari sekarang. Bisnis itu kita namakan sebagai FOOD AGRICULTURE. Tren bisnis masa depan Food Agriculture itulah yang menjadi alasan pertama, mengapa kita memilih usaha bersama MaksiPlus.

Alasan kedua, karena kita punya MaxiFresh dan MaxiFarm. MaxiFresh adalah super market yang menjual sayur, buah, ikan, daging organik yang merupakan produksi dari anggota komunitas PT MaksiPlus Utama Indonesia. Keberadaan MaxiFresh ini akan mempersingkat rantai distribusi dari petani ke konsumen yang bisa mencapai 8 mata rantai distribusi !

Sementara MaxiFarm adalah kegiatan pembelajaran seputar pertanian, perkebunan dan peternakan dengan kurikulum modern yang diberikan oleh PT MaksiPlus Utama Indonesia kepada seluruh anggota komunitasnya.

Alasan ketiga, karena MaksPlus adalah perusahaan besar yang punya reputasi tinggi di bidang Agribisnis yang sangat concern untuk meningkatkan kualitas hidup dan mensejahterakan petani Indonesia. Visi, Misi, Roadmap Perusahaan dan 6 pilar kekuatan bisnisnya mampu mewujudkan hanya dalam waktu kurang 3 bulan sudah mampu merekrut 3000 anggota di 250 kota di seluruh propinsi Indonesia !