Salah satu hal sederhana yang sering dilupakan oleh para pembudiaya ikan lele adalah filter air pembuangan. Filter kolam ikan ini ada yang dipasang asal-asalan, bukan di central drain – di tengah-tengah kolam – namun di pinggir kolam, dengan pertimbangan airnya dekat ke saluran selokan pembuangan air. Lebih dekat ke selokan pembuangan, lebih baik.

Namun jelas itu keliru. Sebagai perlengkpan kolam ikan, filter air kolam ikan ini haruslah disimpan di tengah-tengah kolam. Pipa paralon outlet kolam ini sebaiknya tingginya minimal 15 cm untuk kolam D2 dengan kedalaman cekungan 12 cm. Sedangkan untuk pipa pembuangan air kolam D3, tinggi saringannya sebaiknya 20 cm dan ditanam di kedalaman cekungan 15 cm.

Dengan cekungan yang cukup tajam, diharapkan waktu pengurasan cepat dan pipa pembuangan kolam ikan ini berfungsi dengan maksimal membuang endapan-endapan kotoran ikan dan sisa-sisa pakan yang mengendap di dasar kolam.

Tak lupa, pipa saringan kolam ini sebelum diurug dengan pasir kasar dan pasir halus, pastikan juga ditembok di sekeliling saringan kolam paralonnya dengan diameter setidaknya 50 cm mengelilingi saringan kolam terpai yang terpasang tersebut, agar letak dan ketinggian centrail drain-nya kuat dan permanen..

Secara teknis, saringan pembuangan kolam ikan lele ini lubang-lubang saringannya maksimal 6 milimeter. Dan jangan dibuat asal-asalan, semisal hanya dibuat dengan tutup botol yang digunakan sebagai saringan pipa pembuangan air kolam.

Bahan yang digunakan saringan pipa pembuangan kolam ini cukup dibuat dari bahan yang murah dan sederhana, yaitu dari pipa paralon PVC.

Contoh Harga Pipa Pembuangan Kolam :

  • Pipa paralon 2 Inch, panjang 20 cm, lubang bor 6 mm = Rp 23.000.- *)
  • Pipa paralon 2,5 inch, panjang 20 cm, lubang bor 6 mm = Rp 23.000,- *)
  • Pipa paralon 2,5 inch, panjang 30 cm, lubang bor 6 mm = Rp 30.000,- *)
  • Pipa paralon 2,5 inch, panjang 30 cm, lubang bor 6 mm + Tutup = Rp 45.000,- *)

Kami siap memenuhi kebutuhan dan permintaan BERBAGAI UKURAN SARINGAN SESUAI PEMESANAN

  • UKURAN DIAMETER PIPA : 1 – 4 Inch
  • DIAMETER LUBANG SARINGAN / LUBANG BOR : 1 – 10 milimeter
  • TINGGI FILTER / PANJANG PARALON : Maksimal 4 meter

Ya, tersedia pipa filter pembuangan air beragam ukuran, sesuai permintaan.

Bagi yang membutuhkan pipa central drainase untuk kolam yang berkualitas, silakan hubungi saja :Agung MSG di 0813 2045 5598. Kami siap untuk mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesi.

*) Harga sewaktu-waktu bisa berubah. Demi kenyamanan, silakan konfirmasikan terlebih dahulu sebelum pemesanan. Tks.