Tak sedikit petani-petani di daerah hanya belajar satu sistem saja dalam budidayanya. Padahal sistem budidaya itu banyak. Jadi saran terbaiknya : Jangan Hanya Fokus pada Satu Sistem Saja !

Sistem budi daya merupakan sistem pemanfaatan media tanam atau lahan dalam proses produksi tanaman, perikanan dan perkebunan.

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi mikroba maka sistem budidaya pun semakin banyak.

  • Sistem budi daya tanpa tanah, seperti hidroponikabeserta variasinya dan kultur jaringan.
  • Sistem pertanaman (di tanah) dengan sistem monokultur(pertanaman tunggal) dan polikultur (pertanaman campuran). Untuk perladangan berpindah kita mengenal mengenal sistem tebas-bakar (slash-and-burn).
  • Dalam sistem pertanaman tunggal dikenal sistem ladang dan sawah. Dari lahannya, ada sistem vertikultur.
  • Untuk pertanaman campuran mengenal banyak sekali variasi. Orang mengenal tumpang sari, tumpang gilir, tumpang sela, agroforestri, sistem budi daya surjan, budi daya lorong, dan sebagainya.
  • Berkait dengan budidaya di air, ada banyak sistem. Ada aquaponk, hidroponik, aeroponik, Sistem BioMaksi (khusus Budidaya Lele Organik Modern dengan Teknologi MaxiGrow).
  • Pada sistem budidaya air tawar, juga dikenal beberapa istilah sistem : Sistem Ekstensif (luasan lahan), Sistem Semi-Intensif (teknologi menengah dan lahan yang cukup luas) dan Sistem Intensif (penggunaan teknologi dan lahan terbatas).

Pengalaman saya dengan para praktisi di lapangan, ternyata untuk mendapatkan hasil yang bagus baik itu untuk pertanian, perternakan, perkebunan dan perikanan, kuncinya ada di pupuk organik, khususnya pupuk organik cair. Pupuk organik cair ini secara praktis hampir 5 kali lebih cepat terserap tanaman. Bisa juga menggunakan pupuk yang lebih canggih yaitu pupuk hayati MaxiGrow MG1 yang tak hanya bisa digunakan untuk pertanian, namun juga bisa digunakan untuk ternak, ikan dan kebun,

Pupuk organik cair terbaik MaxiGrow MG1 yang juga bisa berperan sebagai puuk organik cair bisa diperoleh secara online di www.maxigrowindonesia.com, atau silakan kontak info dan layanannya di : 0813 2045 5598 (Call/WhatsApp)

Harga pupuk organik cair sangatlah masuk akal dibandingkan dengan hasil panen yang didapat. Dan dari banyaknya merk yang ada di pasaran, merk pupuk organik cair terbaik saat ini masih ditempati oleh MaxiGrow MG1. Pupuk cair organik terbaik ini sudah diakui para petani di berbagai pelosok tanah air, para industriawan, akademisi dan para praktisi di dunia agrokultur pangan Indonesia. Hasilnya, pupuk organik terbaik ini bisa dilihat juga di InstraGram IG @maxigrowindonesia.com,

Nah sahabat MaxiFriend, ayo berpikiranlah terbuka. Jangan kaku dengan satu sistem saja. Silakan eksplorasi berbagai eksperimen untuk mendapatkan berbagai sistem dan metodologi terbaik dengan hasil yang maksimal.Tentu dengan MaxiGrow sebagai pendukung utamanya !