Sebagaimana buah lainnya, pepaya (papaya, Carica Papaya), itu banyak macamnya. Pepaya California misalnya, bagi sebagian petani kota seringkali disebut sebagai pohon uang. Karena dengan satu pohon, bisa menghasilkan buah dan uang yang berulang.

Dari beragam papaya yang kita kenal, yang sering ditanam para petani antara lain : Pepaya Arum Bogor, Pepaya Arum Sari, Pepaya Bangkok, Pepaya California, Pepaya Cibinong, Pepaya Gunung, Pepaya Madu, Pepaya Mas, Pepaya Prima Bogor, Pepaya Red Lady, hingga Pepaya Hawai.

Panjang dan beratnya pun beragam, ada yang beratnya hingga 15 cm dan ada yang beratnya hingga 3,5 kg. Semua tergantung varietas dan pemupukan.

Lho koq, pemupukan ?

Ya, dengan pemupukan yang tepat, benar dan proporsional, papaya bisa tumbuh lebih cepat, lebih besar dan lebih banyak. Kontribusi pupuk apa pun jenis pupuknya, itu akan berkontribusi setidaknya 55% pada pertumbuhan dan hasil panen. Karenanya, tidaklah mengherankan bila Pak Hanif, petani asal Aceh Utara sudah membuktikan itu.

Semula Pak Hanif hanya memupuk padinya dengan pupuk hayati cair MaxiGrow MG1. Setiap ada sisa, tiga pohon papaya yang ada di pematang sawahnya, juga ia sirami dengan pupuk Maxigrow. Hanya dengan disemprot dua kali, ternyata hasilnya sangat menggembirakan.

Alhamdulillah, ternyata hasilnya berbuah lebih cepat dan buahnya lebih banyak”, katanya senang sekali.

Melihat hasil yang bagus ini, tentu saja ini harus dijadikan lebih serius lagi. Sayang kalau tidak dimanfaatkan lebih baik lagi.

Insya Allah, rencana 50batang siap saya tanam setelah lebaran”, tekadnya.

Semoga lancer jaya, berkelimpahan dan berkah barokah ya Pak Hanif… Dan jangan lupa, kasih tahu dan ajak-ajak petani-petani lain untuk menggunakan pupuk yang sudah terbukti dan teruji bagus : pupuk hayati organik lengkap MaxiGrow MG1.

Informasi mengenai bagaimana cara aplikasi MaxiGrow pada papaya dan bagaimana cara mendapatkan pupuk MaxiGrow di Aceh Utara, silakan kontak saja Pak Hanif di : Email : haniefatjeh@gmail.com, HP : 0811 6701 779.