Upaya mencapai swasembada pangan, khususnya beras, empat komoditas utama : gula, jagung dan kedelai masih membutuhkan kerja keras kita bersama. Kedaulatan pangan adalah cita-cita besar kita yang juga harus kita wujudkan bersama.

Dalam sebuah survey Global Food Security Index pada 113 negara, peringkat ketahanan pangan kita masihlah jauh dibandingkan dengan negara-negara tetangga di Asean.

  • Indonesia ke-71
  • Vietnam 57
  • Thailand 51
  • Malaysia 35.

Kita pun sangat prihatin, negara kita yang berada di garis khatulistiwa yang subur ini masih serba impor. Gandum impor, gula impor, kedelai impor, juga kita masih impor : beras, susu, daging lembu, bawang putih, jagung, garam, terigu, cabai dan minyak goreng.

Dalam acara Live Primetimes News di Metro TV 20 Oktober 2016 yang dipandu oleh Aviani Malik dengan pembicara Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Anggota Komisi IV Firman Subagyo dan Pakar Ekonomi Pertanian Bustanul Arifin, mereka membahas tentang Kedaulatan Pangan.

Mereka sepakat bahwa kita perlu bersama mendorong peningkatan produksi pertanian dan kesejahteraan petani, kesuburan lahan, pergantian dari pupuk anorganik ke organik dan memberikan penyuluhan yang baik. Pak Firman juga meminta agar Mentan memperhatikan sector lahan pertanian yang semakin lama semakin berkurang. Rata-rata kesuburan lahan sekarang unsur hara tanahnya hanya 5% !

Ini menarik untuk dapat kita dukung bersama program dari Kementerian Pertanian yang juga disepakati oleh Komisi IV dan para pakar Pertanian.

Gerakan peningkatan produksi pertanian dengan pergantian dari pupuk anorganik ke organik untuk mengembalikan tingkat kesuburan dan unsur hara tanah, pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesehahteraan petani, sesuai dengan visi dan misi MaksiPlus.

Sungguh, ini peluang bisnis yang memiliki prospek luar biasa. Luar biasa kesempatan ini…Dan berita baiknya kita sudah On The Track dan bahkan boleh dibilang sebenarnya kita sudah mencuri start duluan.

Yuk.. kita berkontribusi untuk itu. Untuk Indonesia Raya Kita !

Bravo MaxiGrow MG1. Jayalah MaksiPlus Utama Indonesia !!