Sahabat MaxiFriend yang disayang ALLAAH..

Alhamdulillah, jumlah petani di WhatsApp Group Kampung MaxiGrow Indonesia (KaMI) ini semakin ramai saja. Tak heran, setiap hari warganya selalu bertambah dan permintaan untuk menjadi warga KaMI pun berduyun-duyun masuk ke kampong kita ini.

Motinya beragam. Ada yang serius ingin berbisnis, ada yang ingin mengintip peluang apa yang bisa dilakukan, ada yang ingin mengisi waktu, hingga ada yang sekedar ingin tahu saja. Selain itu, ada juga yang ingin bernostalgia mengasah ilmu pertanian atau peternakan yang dulu pernah di enyam.

Apa pun motifnya, agar kehidupan kampung kita ini hidup, bermanfaat optimal dan bermakna buat semua, maka dirasakan perlunya ditaati bersama adab-adab (serta etika bisnis dan bisnis etis) yang bermanfaat untuk semua.

Teratur dan disiplin itu indah. Karenanya, dengan menjunjung tinggi prinsip persamaan, kebaikan, keadilan, kebebasan yang dapat dipertanggungjawabkan dan kebenaran, kiranya adab-adab ini dapat dipatuhi oleh semua warga Kampung MaxiGrow Indonesia.

Dan tolong ya, satu sama lain kita saling mengingatkan :

  1. Anda itu unik, dan hanya ada satu di dunia. Karenanya kenalkan diri siapa Anda. Bisnis, tempat tinggal, hingga bila berkenan share foto keluarga, team atau bisnis Anda.

Hadiri pertemuan-pertemuan “copy darat” MaxiGrow Indonesia untuk bertukar pikiran lebih leluasa, terikat lebih kental persaudaraan kita dan menyadari bahwa kita ini makhluk social yang hidup di alam nyata, bukan di alam maya. Bagaimana pun juga, Indonesia ini harus kita bangun langsung di alam yang nyata.

  1. Jadilah diri Anda sendiri, dengan menggunakan kata-kata sendiri. Dan DILARANG COPY PASTE (copas) teks, artikel, foto, audio, video dari mana pun, termasuke dari grup tetangga ke grup di kampung ini.

Sangat menjengkelkan, kalau kita sering dapat copas-an dari berbagai sumber dengan isi yang sama. Dampakya itu hanya menguras baterai smartphone kita, membebani kinerja smartphone, atau bunyi berisik karena dengan banyaknya notifikasi.

Tentu saja kita ingin mendapatkan informasi yang asli, hanya dari Anda sendiri. Boleh copas, asal itu untuk mendukung bahan yang sedang dibicarakan atau didiskusikan.

Dan bukankah nasib diri kita itu ditentukan oleh diri kita sendiri ? Karena itu agar kita bisa mendapatkan manfaat dari keberadaan diri kita di kampung maya tercinta ini, sangat ditentukan oleh keaktifan Anda untuk berbagi dan bersedah ilmu, inspirasi dan pengalaman di kampung kita ini.

  1. Jangan ganti tema atau topik pembicaraan sebelum selesai dibahas. Kalau masih panjang dibahas, ya tunggulah… sebentar. Sabar. Setelah tak ada lagi yang komentar, silakan Anda kemukakan pertanyaan atau menyampaikan pertanyaan, topik baru Anda. Enakan kalau gini, jadi tak riweuh alias ribet !
  1. Berikan sumbangsih y ang berarti disini. Jadilah penerang, berikan energi, motivasi dan inspirasi yang bisa kian membuat kita makin mendekatkan diri kepada Allah.Jangan ambil sesuatu dari sini dengan cara : datang, kenalan, langsung ngiklan. Rasanya tak sopan ya, kalau gitu. Tapi, masalahnya, orang seperti ini tidak sedikit lho ! Karenanya, kalau mau ngiklan sampaikan dengan cara yang baik.

Bisa dengan minta izin dulu ke Admin, atau bisa dengan cara jalur pribadi. Tapi tidak dengan cara mem-publish langsung posting ke forum.

Anda bisa tawarkan produk, dagangan, jasa Anda bila itu berhubungan dengan topic atau bahan diskusi. Atau berhubungan dengan industri Food Agriculture dengan segala jenis bisnis turunannya. Diluar itu, lebih aman dan nyaman, bila Anda minta ijin dulu ke Admin.

  1. Hidupkan Kampung KaMi. Berikan sebuah nilai, kontribusi, semangat, doa, dukungan atau apa pun yang positif. Menjadi pribadi yang bertaqwa, menjadi warga kampung yang taat adab dan menjadi masyarakat yang menegakkan keadilan, dan memusuhi ketidakadilan.

Karena kita ini ada dan berada di dunia ini untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk umat manusia. Dan bukankah sebaik-baik manusia itu adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Sayang sekali bila Anda hanya berdiam diri menjadi silent reader yang hanya menjadi beban dan menghabiskan kuota warga Kampung KaMI ini. Teruslah bersilaturahmi secara aktif di kampung ini dengan menjaga kontak komunikasi, saling menyapa, saling mendoakan serta saling memberi solusi.

  1. Hormati warga lain, sebagaimana kita hidup di alam nyata dan bertetangga. Kalau mau promosi, jualan, mengundang atau mengajak ke sebuah acara atau program tertentu, ada baiknya minta ijin Admin dulu ya. Kalau bagus, bermanfaat dan sesuai dengan tujuan kita berada di kampung ini ya kenafa tidak ?
  1. Tuliskan saja “Sudah Seijn Admin” dan silakan share apa yang akan Anda sampaikan. Foto-foto pun boleh, maksimal 5 foto ya…

Yang jelas, jangan sampai adab-adab diatas ini menjadikan Anda merasa terbatasi. Foto-foto petani atau peternak yang lucu, anak yang menggemaskan di kebun, boleh di share disini. Itu mah tak perlu ijin dulu.

Yang dilarang, adalah anda memposting :

  1. Copas (copy paste) dalam bentuk apa pun, kecuali gambar lucu, menarik dan inspiratif. Boleh juga guyonan atau anekdot yang menghibur berkait kehidupan petani.
  2. Foto wanita seksi atau foto-foto kategori yang tak pantas.
  3. Pernyataan atau ungkapan yang mengandung SARA
  4. Gibah atau fitnah
  5. Bicara pandangan agama, isu SARA, golongan, sosial atau politik partai tertentu
  6. Berita-berita sampah, issue-isue hoax dan gossip
  7. Hal-hal yang dapat mengganggu atau berpotensi memecah belah kampung dan bangsa ini.
  8. Ngiklan / promosi
  9. Berbagi artikel / tulisan, BERITA ATAU PERNYATAAN APAPUN yang tak berhubungan dengan Food Agriculture.

 

Bapak / Ibu yang dimuliakan Allah,

Kenapa semua itu dilarang, karena kita ingin grup ini hanya FOKUS PADA MASALAH PERTANIAN, KETAHANAN DAN KEDAULATAN PANGAN saja.

Semua informasi itu, cukup untuk konsumsi pribadi saja yg sebenarnya sudah kita dapatkan juga dari WhatsApp Group Pribadi kita. Karena umumnya kita ini terlibat rata-rata 3 – 8 Group di medsos WA, Instagram, Facebook, Line, Path, Telegram dlsb.

PELANGGARAN ADAB-ADAB NETIKET (ETIKA BERINTERNET) INI AKAN KAMI REMOVE dari grup ini.

Dengan menjalankan adab-adab ini berarti kita sudah :

  1. Menghargai privasi orang lain.
  2. Menghargai waktu berkualitas orang lain.
  3. Menghemat energy (baterai) dan memperlama usia penggunaan produk.
  4. Dsb yang bisa kita tambahkan sendiri.

Kembali kami ingatkan, mari kita fokus perjuangan kita dari segi industri agrikultur. Tanpa mengurangi perjuangan dakwah dan ghiroh semangat beragama, berbangsa dan bernegara di group pribadi lain atau di kontak pribadi lainnya.

Mhn dpt difahami dan dimengerti. Dan terimakasih atas atensi dan kerjasamanya.

Dah ah, ntar kebanyakan lagi.

Selamat beraktivitas, dan salam dahsyat selalu !!

 

Admin WAG MaxiGrow Indonesia