Sebagaimana disiplin ilmu lainnya, ilmu perkambingan itu ternyata tak kalah menariknya bila kita tekuni soal perkambingan.

Ada yang nanya, berapa sih modal yang pas buat peternak pemula, hingga menanyakan : buku beternak kambing apa yang paling bagus buat pemula.

Yang jelas, untuk menjadi peternak domba itu tentu harus tahu dulu ilmunya. Ilmu marketingnya juga, sampai persiapan pakan hijau dan sumber pakan pendukungnya apa yang paling pas untuk usia tertentu dan jenis kambing tertentu.

Kambing pun banyak pilahannya sesuai tujuannya. Apakah mau kambing estetis seperti Kambing Garut yang sehat, “ganteng” dan memukau. Atau kambing pedaging, susu kambing atau pembibitan kambing ?

Intinya, memilih dan menentukan arah tuju kita beternak akan menjadi langkah awal yang paling penting sebelum kita menggeluti bisnis perkambingan.

Nah, kali inii saya tak kan membahas secara spesifik tentang dunia peternakan kambing, namun ingin berbagi sukses bahwa bila kambing yang kita pelihara ini dikenalkan pada bio-aktivator dan hormon pertumbuhan MaxiGrow MG1 makan hasilnya akan dahsyat.

Hormon pertumbuhan atau zat pengatur tumbuh berperan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan hewan, juga bagi kelangsungan hidupnya. Tanpa adanya zat pengatur tumbuh berarti tidak ada pertumbuhan.

Hormon pertumbuhan yang terdapat didalam pupuk hayati MaxiGrow adalah jenis Sitokinin, Giberelin dan Auksin atau IAA (Indole Acetic Acid), yaitu : hormon tumbuh yang tidak terlepas dari proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman. IAA ini berfungsi sebagai hormon perkembangan sel yang struktur kimianya mempunyai asam amino triptopan.

Jika hormon-hormon itu diberikan pada kambing misalnya, maka kambing akan sehat, bulu kuduknya akan mengkilap sebagai salah satu ciri pencernaanya sehat, nafasnya akan bagus dan pada akhirnya nafsu makan dan pertambahan beratnya pun akan bagus.

Biasanya, antara pakan yang dikonsumsi ama kambing keluar dalam jumlah yang tak jauh berbeda, namun kalau menggunakan MaxiGrow maka kotorannya pun akan lebih berkurang yang itu menandakan pakannya dicerna dengan baik dan menambah berat kambing itu sendiri.

Terbukti, Bapak Arif Purwawinangun ini pun punya cerita bagus dari manfaat MaxiGrow buat kambing di petani binaannya.

Sedikit berbagi, MG1 sangat bagus diaplikasikan kepada kambing. Ada prospek yang sudah menggunakannya dan terlihat jelas pertumbuhannya. Dua minggu sudah terlihat perbedaannya. Awalnya ada 7 kambing, setelah menggunakan MG1 beliau membeli lagi kambing karena optimis dengan kehebatan teknologi MG1. Dan sekarang jumlah kambingnya 29 ekor.”, katanya saat sharing dari Sumedang 24 Januari 2017 lalu.

Cerita lain tentang kambing Maxigrow pun, kita bisa baca di liputan ini :

Lebih jauh, bila teman-teman ingin lebih mengetahui manfaat MaxiGrow pada kambing lebih jauh, silakan kontak saja Agung MSG di 0813 2045 5598.

Salam hangat dan salam dahyat !