Bunga matahari (Helianthus annuus L.) adalah tumbuhan semusim dan dapat tumbuh dimana saja di ketinggian 0,5 – 4,5 meter tergantung varietasnya. Bunga ini sangat popular sebagai tanaman hias, tanaman penghasil minyak dan sebagai bahan makanan kuaci. Pemanfaatan bunga Matahari terutama adalah sebagai sumber minyak, baik pangan maupun industri. Sebagai bahan pangan, minyak bunga Matahari cocok dipakai untuk menggoreng, mengentalkan, serta campuran salad.

Bunga tumbuhan ini sangat khas : besar, berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30 cm) dan perilaku yang khas, yaitu bunganya selalu menghadap dan condong ke arah matahari. Namun, sifat ini disingkirkan pada berbagai kultivar baru untuk produksi minyak karena memakan banyak energi dan mengurangi hasil.

Ada empat kelompok budidaya bagi bunga matahari yang dibedakan berdasarkan kegunaannya. Kultivar yang dirakit biasanya diarahkan pada salah satu kegunaan tertentu saja.

  1. Kelompok penghasil minyak, dimanfaatkan minyak bijinya. Biji kelompok ini memiliki cangkang biji yang tipis. Kandungan minyaknya berkisar 48% hingga 52%. Untuk menghasilkan satu liter minyak diperlukan biji dari kira-kira 60 tandan bunga majemuk.
  2. Kelompok pakan ternak, dipanen daunnya sebagai pakan atau pupuk hijau.
  3. Kelompok tanaman hias, yang memiliki warna kelopak yang bervariasi dan memiliki banyak cabang berbunga,
  4. Kelompok kuaci, untuk dipanen bijinya sebagai bahan pangan

Berkait dengan bunga matahari ini, ada salah satu petani bunga dan tanaman organik yang menarik kita lihat. Ia tinggal di Mekarsari Simpangan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung Bali. Namanya I Gusti Putu Sudirna, dan punya pengalaman yang menarik dan mengesankan, setelah ia mencoba pupuk hayati lengkap MaxiGrow MG1.

Saat ia aplikasikan ke tanaman Okra, hasilnya bagus dan memuaskan. Dan saat ia aplikasikan ke Bunga Matahari, ternyata… “Bunga matahari yang menggunakan MG1, batangnya lebih besar, dan bunganya lebih banyak.”. Alhamdulillah…

Bila Bapak / Ibu Pembaca MaxiGrow Indonesia tertarik lebih lanjut mengenai bunga matahari ini, bagaimana mendapatkan pupuk MaxiGrow-nya dan cara budidaya bunga matahari lebih lanjut, silakan kontak MaxiGrow Indonesia. Atau silakan boleh juga langsung kontak ke Pak Putu di  0822 3686 5758.

maxigrow-indonesia-061