Memasuki musim penghujan atau saat cuaca ekstrim hujan terus menerus, para petani yang padinya sudah mulai menua seringkali was-was padinya mudah roboh atau rentan dan mudah rebah.

Mitosnya, itu karena tanaman padi itu terlalu subur sehingga padi mudah roboh alias rentan rebah.

Solusinya juga kadang salah, yaitu padi diikat agar tidak mudah roboh. Pengikatan batang padi, selain akan mempengaruhi hasil panen lebih rendah, tentu saja ini akan menambah biaya saat proses pemanenan. Padahal dengan padi diikat saat bulir pada menua, maka perkembangan dan pengisian bulir-bulir padinya tentu saja tidak akan maksimal.

Mitos yang lain pun terjadi, dimana akar disekitar permukaan dan batang, dibinjak-injak agar tanaman padi tumbuh tegak dengan sendirinya. Jelas ini salah besar, karena “pergerakan dan pertumbuhan” akar tidak akan berkembang secara maksimal. Akibatnya, hasil panen bisa terkoreksi negatif kalau ada pengikatan batang padi hanya karena tanaman padinya bisa tegak berdiri dan tidak mudah roboh terkena hujan yang terus menerus atau terkena tiupan angin cukup besar.

Lalu, bagaimana solusinya :

  1. Pilih varietas bibit padi yang bagus yang tahan rebah dan yang memiliki batang yang kuat.
  1. Gunakan pemupukan berimbang dan terkontrol, antara lain dengan mengurangi pupuk kimia 50 s/d 75% dari penggunaan biasanya. Jangan terlalu banyak urea, karena terlampau banyak urea justru akan melemahkan tanaman padi.
  1. Gunakan pupuk hayati organic cair MaxiGrow MG1. Kandungan Rhijobium SP di dalam MG1 akan berperan membentuk bintil akar pada tanaman, sehingga akar padi akan menghunjam kuat ke bawah, dan tak perlu lagi dengan memancing akar padi dengan menurunkan level air. Sementara Hormon IAA yang juga ada dalam MG1 akan berfungsi membantu dalam proses mempercepat pertumbuhan dan hormon Giberlin akan mampu menguatkan batangpadi.
  1. Jika lahannya mampu membuang air, maka ketika padi umur 30 hari setelah tanam,keringkan lahan dan biarkan tanah pecah rambut, lalu airi lagi dan lakukan seterusnya.
  1. Lengkapi dengan doa dan ajak ngobrol tanaman padi itu, karena tanaman yang didoakan dan diajak ngobrol akan relatif lebih baik dan lebih kuat.

Nah, informasi lebih lanjut mengenai kedahsyatan pupuk MaxiGrow ini dan cara untuk mendapatkannya, silakan kontak saja :

Agung MSG – 0813 20455598