Terong atau Terung adalah tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran. Manfaatnya banyak. Mulai untuk kesehatan jantung, membantu otak dan daya ingat, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan pencernaan dari sembelit dan pencegahan kanker, hingga mampu mengontrol kadar gula darah.

Lho, koq yang dibahas malah sisi manfaat kesehatannya ?

Ok, kita kembali ke laptop !

Syarat tumbuh tanaman terong adalah dapat tumbuh di dataran rendah tinggi, suhu udara anatara 22 – 30o C, dan jenis tanah yang paling baik untuk budidaya terong adalah jenis lempung berpasir. Tanahnya pun harus subur, kaya bahan organik, cukup aerasi dan drainasenya baik dengan  pH antara 6,8-7,3.

Meski tanaman terung itu lebih cocok ditanam musim kemarau, sinar matahari yang diterima tanaman terong pun harus cukup.

Sebagaimana ilmu pertanian lainnya yang membahas budidaya tanaman sayuran, budidaya “perterongan” ini pun secara umum juga harus memperhatikan berbagai masalah teknis. Mulai dari persemaian, pembibitan, persiapan lahan, penanaman, rpengairan, penyulaman, pemasangan turus (ajir), penyiangan, pemeliharaan,pemangkasan, hingga pengendalian hama dan penyakit tanaman, dan terakhir panen.

Untuk semua prose itu, tentu saja tak akan kita bahas disini secara rinci. Saya hanya ingin menyampaian pesan bahwa kalau benar-benar serius menanam terong, belajarlah langsung dari praktisi sukses dan masternya. Kriterianya, yang sudah melakukan penanaman setidaknya 4 kali musim tanam berturut-turut dan hasilnya bagus terus diatas rata-rata.

Kalau pun kita sulit mendapatkan “Coach-nya”, ya sudah… belajar saja pada siapa saja yang sudah punya pengalaman setidaknya 4 – 5 tahunan menanam terong. Plus dibantu dengan berbagai referensi ilmiah mengenai budidaya tanaman terong dari buku hingga dunia maya.

Hanya saja, sebagus-bagusnya kita mampu menanam terong dengan baik, tetap saja faktor pemberian pupuk adalah faktor utama. Pupuk akan memberikan kontribusinya terbesar sekitar 55% dari keberhasilan panen.

Karenanya, bila ingn berhasil, sukses dan dahsyat dari hasil panen menanam terong, tetap please…. Gunakan pupuk terbaik MaxiGrow ya…

Dan informasi lebih lengkap dan detail tentang MaxiGrow ini, silakan kontak : Agung MSG : 0813 2045 5598 (WhatsApp, SMS).