Okra atau Bendi bisa tumbuh dengan baik di di dataran tinggi dalam ketinggian 600 – 800 meter diatas dari permukaan laut. Dari ketingian lahan tersebut memang membuat tanaman okra ini dapat tumbuh dengan baik hingga usia 4 bulan. Apabila tanaman okra ditanam dengan ketinggian kurang dri 600 mdpl maka usia tanamnya akan semakin pendek serta tingkat produksinya makin rendah.

Dari berbagai referensi ilmiah, panen buah okra dapat dimulai pada umumnya ketika tanaman berusia 60 – 70 hari. Buah okra dipanen ketika masih muda, kira – kira yang sudah berukuran panjang 10 – 12 cm. Buah okra yang ukuran panjangnya sudah lebih dari 12 cm atau sudah tua tidak layak untuk dipanen dan dikonsumsi sebagai sayur. Sebab rasanya kurang enak dan agak keras. Pemanenan bisa dilakukan setiap 2 atau 3 hari sekali, dan berlangsung hingga 2 – 3 bulan sejak panen pertama. Masa panen tergantung pada kondisi tanaman dan pemeliharaan tanaman.

Sayuran bernama okra ini mengandung banyak serat, sejumlah vitamin dan mineral penting, serta antioksidan. Karena itulah okra dikenal bermanfaat dalam membantu mencegah konstipasi, menurunkan resiko kanker, dan menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes. Okra adalah tanaman sejenis durian dan kapas.

Secara ringkas, dari berbagai sumber referensi, diyakini bahwa okra antara lain bermanfaat untuk :

  1. Dapat membantu mencegah sembelit
  2. Membantu melindungi paru-paru
  3. Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh
  4. membantu menstabilkan kadar gula darah pada penderita diabetes
  5. Membantu metabolisme energi
  6. Membantu proses pencernaan
  7. Memperkuat tulang dan gigi
  8. Mencegah kanker rongga mulut
  9. Mengurangi resiko catat pada janin
  10. Mengurangi resiko penyakit jantung
  11. Menjaga kesehatan mata dan kulit
  12. Menjaga keseimbangan tubuh
  13. Menurunkan berat badan
  14. Menurunkan kolesterol

Nah dengan sejumlah manfaat itu, sayang sekali bila okra itu dipupuk dengan pupuk kimia (pupuk anorganik) ya… Jadi jauh lebih bagus bila okra yang banyak manfaatnya itu dipupuk dengan pupuk organic cair yang diyakini jauh lebih baik dari pupuk kimia atau pun pupuk konvensinal atau pupuk serbuk.

Ya, siapa lagi kalau bukan pupuk organic cair atau pupuk hayati lengkap MaxiGrow MG1.

Dan berita baiknya, okra yang ditanam dengan pupuk hayati organic cair MaxiGrow sebagaimana yang ditanam I Gusti Putu Sudirna, Petani Bunga asal Badung – Bali itu hasilnya ruar biasa. Kemarin (14/12/16), Pak Putu berbagi via WhatsApp Group MaxiGrow Indonesia, katanya :

Saya baru pertama tanam OKRA menggunakan MG1… Dasyaaatttnya.. Batangnya besar dan kokoh. Hasilnya 1.5 bulan sudah mulai berbuah. kalau teori 2-3 bulan !”

 maxigrow-indonesia-086

Namun, tidak sampai situ. Pak Putu hingga kini terus mencari cara yang lebih baik agar hasil budidaya okranya mendapatkan hasil panen yang lebih baik, lebih cepat dan lebih produktif.

Namun, bila Anda penasaran ingin diskusi lebih lanjut dan mengetahui bagaimana bisa panen okra lebih cepat dari biasanya dengan hasil yang memuaskan, silakan kontak saja langsung dengan Pak Putu, Petani Budidya Okra yang tinggal di Mekarsari Simpangan, Jimbaran, Kuta Selatan Badung Bali di : 0822 3686 5758.

Insya Allah bermanfaat.