Semangat pagi teman2 Maxifrend and Leleologist,

Belajar budidaya lele bioflok bagi pemula itu tidaklah mudah, seperti belajar sepeda saja. Namun kalau pun ada orang yang berkata sulit, maka sulitlah ia. Kalau pun benar itu sulit, bukankah : sulit bukan berarti tidak bisa ?

Seorang sahabat Aditya warga Depok saking ingin belajar lele, ia belajar langsung ke Pekanbaru dan ingin langsung budidaya lele sistem bioflok dengan buka 20 kolam D2 (diameter 2 meter). Wow, bagus semangatnya. Namun kami larang, dan buka 5 kolam dulu untuk belajar sebagai pemula.

Kenapa kami larang buka 20 kolam malah kita sarankan 5 kolam ?

Karena, kita perlu cari keseimbangan dan pemahaman di awalnya. Belajar memahami manajemen air, manajemen pakan, memahami karakter ikan lele, dan SOP secara keseluruhan.

Cerita kedua, kita bisa belajar dari pengalaman Pak Rudiawan Sukabumi yang ikut training dua kali, lalu buka nekat 7 kolam.

Hasilnya ?

Stres, diawal ! Pagi, siang, tengah malam telepon : ini harus bagaimana ? Apa yang harus dilakukan. Pak Rudi pun rajin berkunjung ke senior dan kontak terus Coach dengan intensif. Kesannya cerewet bagi orang awam, namun kami lihat itu sebagai sebuah kegigihan untuk sukses dan bermanfaat bagi orang.

Alhamdulllah, sebagai orang awam, sebagai pembudidaya pemula, Pak Rudi cukup berhasil dengan lele-lelenya yang baik hati, karena Pak Rudi mencintai lele dan mencurahkan totalitas energy, keyakinan dan waktunya untuk lelenya sepenuh hati.

Dari 7 kolam isi 3000 ekor, Pak Rudi kini punya 60 kolam. Dan Insya Allah bersama Pak RW dan tokoh-tokoh masyarakat disana kompak mau buka 200 kolam.

Ya… Lama kelamaan, selama kita yakin bisa, tekun, gigih terus belajar dan sabar,  kita pun Insya Allah jadi bisa. Semua ini tergantung niat dan kegigihan untuk belajar.

Jangan berambisi balap motor GP dengan orang Spanyol Daniel “Dani” Pedrosa  atau pembalap Italia Valentiono Rossi kalau kita belum bisa sepeda mini. Setelah bisa sepeda mini roda 4 lancar, baru roda 3, terus maju ke roda 2. Ganti dengan sepeda yang lebih besar, dan mulai belajar ke motor 125 CC. Lalu belajar lebih tinggi terus hingga bisa ke motor GP. Ini analoginya.

Setelah belajar SOP-nya, baru kita belajar langsung praktek di lapangan : 70% praktek, 20% belajar dan 10% diskusi. Pembudidaya pun perlu rajin-rajin diskusi di grup, jangan hanya jadi silent reader saja. Jangan jadi pembaca setia tanpa terlibat emosional secara positif di grup. Perlu ada ghiroh atau semangat untuk berbagi, untuk terlibat dan untuk belajar terus menerus.

Bila ada waktu luang dan kesempatan, syukur-syukur kita bisa berkunjung langsung ke kolam Lele Biomaksi terdekat milik senior yang sudah running well. Dengan copy darat, wawasan, semangat dan pemahaman akan jadi lebih terbuka dengan sendirinya.

Sebagai pemula, kami sarankan :

  1. Buka maksimal 5 kolam dulu ukuran D2 (diameter 2 meter)
  2. Isi dengan bibit 3000 ekor untuk kolam D2. Ingat : Isi 6000 – 7000 ekor bisa dilakukan setelah kita menguasai, terampil dan punya pengalaman yang memadai.
  3. Ikuti SOP Budidaya Lele Biomaksi dengan baik. Print SOP-nya agar mudah dibaca. Jangan andalkan SOP di HP / Laptop karena cape scrolling dan carinya.
  4. Terlibat aktif di grup pembelajar pembudidaya Lele Biomaksi
  5. Laporkan setiap perkembangan di grup.
  6. Jangan panik kalau ada keadaan diluar harapan. Panik itu menurut riset bisa menghilangkan akal sehat hingga 40%. Jadi, sekali lagi : Don’t Panic bila ada kejadian tak biasa, aneh, dan hal lain yang tidak kita harapkan.
  7. Terakhr, kalau ada kondisi darurat : segera telepon Coach yang terpercaya, terakreditasi dan berpengalaman penuh di budidaya Lele Biomaksi.

Ya, kuncinya seperti itu. Jadi, tetap semangat. Insya Allah sampai kapan pun kami akan mengawal teman-teman yang telah bergabung di E-Biomaksi hingga panen, sukses-berkelimpahan, dan bisa memberikan kebaikan bagi keluarga dan masyarakat sekitar, atau membuka lapangan pekerjaan.

Insya Allah, dengan bersama-sama belajar dan bertumbuh-kembang bersama, usaha kita ini sama-sama kita harapkan dapat memberikan kebaikan dan berkah-barokah bagi keluarga, orang-orang yang kita cintai dan masyarakat di sekitar kita. Aamiin yra…