Teman-teman, saya sering menerima keluhan atas kegagalan dan kerugian karena  bertani ikan air tawar, tambak dan budidaya lele yang mati sekian ribu ekor dari berbagai daerah di pulau Jawa, Madura, dan Sumatera. Bahkan salah satu mitra saya rugi ikan lelenya mati 1.370.000 ekor ! Ini rekor kerugian terbesar yang pernah saya dengar.

Koq sebanyak itu kerugiannya ? Ceritanya sih panjang. Namun bila diringkas itu disebabkan karena terlampau percaya pada seseorang yang mengaku-ngaku punya pengalaman panjang di perlelean dan menggunakan jamu khusus untuk lele produksi rumahan, bukan pabrikasi yang terukur kualitasnya dari waktu ke waktu.

Pengalaman yang panjang saja dan tidak dilandasi dengan alasan ilmiah (akademik), bisa jadi akan menjadi bom waktu kerugian yang besar dan fatal kerugiannya. Atau bisa jadi karena pengalaman yang panjang itu maka tanpa disadari justru yang bersangkutan mempertuhankan pengalamannnya sendiri dan merugikan orang lain yang mengikutinya.

Akhirnya, saya coba mencari penyebab dan solusi terbaik, bagaimana agar kegagalan itu tidak berulang ?

Lalu saya berburu belajar dari prinsip-prinsip para pakar dan pebisnis perikanan dari berbagai sumber.

Aha, ternyata saya temukan ada 7 KUNCI SUKSES BUDIDAYA PERIKANAN yang pola ini juga bisa kita pakai untuk budidaya lainnya hingga bisa kita perluas ke aplikasi agribisnis lainya.

Untuk bisa fokus usaha lele, polanya saya sarankan seperti ini :

  1. Luruskan NIAT dan ambil KOMITMEN untuk mendaftar terlebih dahulu jadi Agen Resmi MaxiGrow Indonesia. Jadilah keluarga besar Petani Organik MaksiPlus. Yuk kita gabung secara resmi di Keluarga Besar MaksiPlus dan terus membuka hati dan pikiran untuk menerima hal-hal baru (ilmu, teknik, pengalaman, dll) agar kita bisa mendapatkan sesuatu yang bernilai. Lebih baik, lebih alami, lebih cepat, lebih hemat, lebih efektif, dan lebih produktif.
  1. AKTIF DAN TERLIBAT PENUH di online dan hadiri temu daratnya. Nanti Anda akan kami masukkan ke komunitas online WhatsApp Group (WAG) MaksiPlus Excellent + WAG Lele BioMaksi, WAG MaksiPonik (hidroponik) sehingga Anda bisa bertanya, diskusi langsung dan tukar pengalaman hingga konsultasi di komunitas para pemula, praktisi sukses dan pakar perlelean. Dalam komunitas, nanti kami hubungkan Anda secara khusus dengan siapa saja praktisi sukses yang sudah sukses teruji dan terbukti berhasil di perlelean. Sehingga kita tak perlu mengulang kesalahan yang sama yang pernah mereka lakukan.

Belajar dalam komunitas itu menyenangkan dan mengasyikkan, karena kita bisa silaturahmi (copy darat) dan berbagi secara online satu sama lain. Ilmunya dan pembelajaran dapat, inspirasi dapat, visi terasah, bahagia juga didapat, peluang dan wawasan terbuka, dan sejumlah keuntungan lainnya yang akan sangat sulit kalau kita bekerja dan berusaha sendiri. Silaturahmi itu seabreg manfaatnya.

  1. IKUTI TRAINING Budidaya Lele Organik Biomaksi yang diselenggarakan secara resmi oleh PT MaksiPlus Utama Indonesia. Juga berbagai kesempatan pertemuan-pertemuan kecil dengan para leader, praktisi sukses atau para pakar.

Jangan belajar sendiri, coba-coba sendiri, dan mencari hal-hal yang kita anggap pantas dan masuk akal kita lakukan, tanpa didasari ilmu, prinsip dan pengalaman yang memadai. Bila kita lakukan semuanya serba sendiri, maka risiko harus siap ditanggung sendiri. Kalau pun berhasil, bisa jadi hasilnya minim atau tidak optimal. Karenanya, Komunitas Lele BioMaksi diciptakan dan saluran konsultasi kami sediakan. Ini langkah terpenting.

  1. Setelah meluruskan Niat, aktif terlibat dan ikuti trainingnya, lalu tahap yang paling kritis adalah : FOKUS, FOKUS dan FOKUS.

Bagamaimana kalau sambilan ? Ya boleh-boleh saja. Hanya kalau niat sambilan, maka energinya pasti akan sambilan di waktu luang secara sambilan. Semangatnya sambilan, kinerjanya juga pasti jadi sambilan, dan sudah dapat dipastikan : hasilnya pun sambilan.

Lalu solusinya, jadikan semua yang kita lakukan itu sungguh-sungguh dan utama, meski kita punya pekerjaan lain. Bekerja pada profesi yang sedang kita jalani itu yang utama, dan menjalankan aktivitas di MaksiPlus pun utama. Tanggungjawab kita pada keluarga itu utama, mendidik anak dan memuliakan orangtua adalah utama. Bersosialisasi dan bertetangga juga utama. Tak ada yang sambilan. Agar hasilnya juga bagus, diatas harapan kita dan berlipat pahala. Aamiin yra.

  1. Tahap berikutnya : BELAJAR, BELAJAR dan BELAJAR secara mandiri. Sulit, bukan berarti tidak bisa. Aktiflah untuk belajar langsung mendatangi dan silaturahmi dengan para praktisi sukses dan masternya. Aktif terus di online. Jangan mau disuapin terus menerus. Berusahalah untuk bisa secara mandiri dengan fasilitas dan program yang ditawarkan komunitas.
  1. Dan terakhir : PRAKTEK, PRAKTEK dan PRAKTEK. Setelah ikut training, langsung PRAKTEK. Bagaimana pun juga kita harus PRAKTEK seperti kita latihan naik sepeda. Tak bisa kita belajar menjalankan sepeda bila kita tidak mencoba dan praktek. Praktek, action langsung dan terus belajar adalah kunci kemajuan dan kesuksesan. Tentu saja setiap tahapan praktek ini harus dikonsultasikan dan dibawah bimbingan dari para praktisi sukses / trainer budidaya lele biomaksi.
  1. MILIKI MENTAL SUKSES DAN BELAJAR. Dengan demikian, tak ada tuh yang namanya kegagalan. Kegagalan hanya diperoleh dari orang yang kapok, berhenti belajar dan tak mau lagi mencoba lagi atau menggeluti lagi hanya karena dia merasa gagal. Kalau dia berhenti belajar, berarti dia rugi beripat-lipat. Rugi waktu, rugi tenaga, rugi biaya, rugi nama baik, rugi dikenang sebagai orang rugi. Sekali lagi, tak ada tuh istilahnya kita gagal, yang ada adalah SUKSES DAN (TERUS) BELAJAR.

Bersatu kita teguh, bersama kita lancar jaya, bersinergi kita berprestasi. Aamiin yra…