Timun (mentimun, ketimun, cucumber) merupakan tanaman labu-labuan semusim yang bersifat menjalar atau memanjat dengan perataraan alat pemegang berbentuk pilin atau spiral. Dapat hidup pada lahan berketinggian sekitar 200 – 800 m dpl. Pertumbuhan optimalnya dapat dicapai jika ditanam pada lahan yang berada pada ketinggian 400 m dpl. Sedangkan tekstur tanah yang dikehendaki adalah tanah berkadar liat rendah dengan pH tanah sekitar 6 – 7.

Buah mentimun banyak sekali manfaatnya. Bisa dijadikan sayuran atau juga bisa dijadikan sebagai penyegar (menyejukkan), tergantung jenisnya.

Mulai untuk membantu melembabkan wajah agar segar, bersih dan berseri, hingga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Dengan kandungan nutrisi yang ada pada ketimun, manfaat mentimun cukuplah banyak. Diantaranya dapat membantu kita terhindar dari kekurangan gizi, mengurangi risiko penyakit kronis, mencegah kanker (sebagai anti kanker prostat, payudara, rahim, ovarium), menyegarkan nafas dan dapat membantu dalam mengatasi masalah mulut, melancarkan pencernaan sekaligus menjaga berat badan tetap ideal, serta menjaga hidrasi tubuh.

Mentimun juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan kesehatan tulang, dan mengontrol diabetes. Selain juga bermanfaat bagi kesehatan rambut agar rambut lebih halus dan mengkilap. Bagi kaum wanita, mentimun juga berperan sebagai pelembab alami, untuk melembabkan mata, serta mengencangkan dan meremajakan wajah dan kulit.

Satu lagi testimoni kami dapat dari Petani Timun MaxiGrow – Palangkaraya. Bila melihat besarnya timun, kita bisa katakan bahwa besarnya timun dengan pupuk hayati MaxiGrow nyaris dua kal lipat !