Menjadi petani sayuran itu sungguh mengasyikkan. Selain produknya kini semakin dibutuhkan di pasaran, prospek petani sayur tetap akan bagus. Apalagi bila petani sayuran itu berkomunitas dan terus belajar dari petani sayuran terbaik yang ia kenal.

Dari berbagai bincang-bincang dengan berbagai petani sayur, ternyata cara terbaik dan paling praktis agar sukses menjadi petani sayur ada memahami langkah ini :

  1. Pilih bibit terbaik.
  2. Pastikan apa yang akan ditanam sesuai dengan ketinggian permukaan tanah yang ideal.
  3. Gunakan pupuk hayati organik terbaik yang punya setidaknya 4 hormon dan 5 mikroorganisme terbaik yang dibutuhkan oleh sayuran. Kita tak bisa mengandalkan pemberian pupuk makro (urea, TSP, KCL) sebagai pupuk makro primer. Tanaman juga butuh pupuk hayati organik terbaik yang mampu berfungsi mengoptimalkan pemeberian pupuk makro primer tersebut. Dan pupuk organik cair yang bisa diandalkan untuk itu adalah pupuk Maxigrow MG1.
  4. Fahami setiap hama dan penyakit yang pernah menyerang di daerah itu setidaknya 2 tahun terakhir, dan ketahui bagaimana cara mengantisipasinya.
  5. Miliki coach yang bersedia berbagi dan meng-coaching kita untuk belajar dan praktek langsung di lapangan.
  6. Tetaplah berpikiran terbuka dan terus belajar mendalami profesi kita dan bisnis sayuran yang kita tanam.
  7. Andalkan doa dan bertawaqal kepada Allah SWT. Yakinlah bahwa doa itu senjata terbaik di langit dan di bumi.
  8. Bagikan setiap keberhasilan kecil kita kepada petani yang lain, juga ceritakan kegagalan kita kepada petani lain agar ini jadi bahan pembelajaran kedepan.
  9. Miliki dan aktiflah dalam komunitas petani yang sama objeknya. Sekarang ini sudah banyak komunitasnya, mulai dari hidroponik. Indonesia Berkebun, dan lain-lain. Jangan kerja dan bersolo karir sendirian, berkomunitas dan bersilaturahmi justru akan menghasikan sinergi, produktivitas dan prestasi yang lebih tinggi.

Nah, itu teman-teman yang bisa saya share saat ini. Semoga bermanfaat adanya.

Oh ya, bila teman-teman ingin bergabung dengan komunitas petani organik Indonesia di whatsapp group, silakan kontak kami di whatsapp : 0813 2044 5598.

Bila temen-temen ingin mendapatkan pupuk hayati organik cair yang dahysat ini, atau ingin menjadi agen / distributor besar di daerah, silakan kontak saja saya di HP / WhatsApp : 0813 2045 5598.

Salam hangat dari kebun sayur yang subur…

Sebagian dari ratusan testimoni yang telah dikirimkan para petani Maxigrow Indonesia, silakan bisa dinikmati disini :