Masyarakat Indonesia adalah penyuka berbagai aneka olahan ayam dari daging ayam. Karenanya berbisnis ternak ayam, termasuk ayam broiler  merupakan peluang usaha yang sangat cerah untuk dikembangkan. Baik itu untuk konsumsi di daerah dan ibu rumah tangga, hingga pada target market berbagai usaha kuliner yang kita tahu marketnya mencakup semua umur, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Hampir sebagian besar masyarakat, suka pada ayam.

Jenis ayam broiler atau ayam ras pedaging, merupakan jenis yang umumnya digunakan untuk usaha budidaya beternak ayam potong. Jenis ayam yang memiliki produktivitas tinggi ini memiliki kelebihan waktu panen yang cepat, yaitu berkisar pada usia 5 hingga 6 minggu kita sudah bisa memanennya.

Bagi yang serius ingin mendalami bisnis ayam broiler ini, tentu saja perlu memperlajari semua proses dan rincian budidaya ternak ayam broiler terlebih dahulu. Mulai dari persiapan kandangnya (temperature, penerangan, tata letak, dan model kandang), peralatannya, pengetahuan tentang pembibitan dan calon indukannya, hingga analisa usaha dan pemasaran ternak ayam broilernya. Jadi dibutuhkan teknik dan pengetahuan yang tepat untuk berternak ayam broiler.

Bagi pemula yang ingin belajar beternak ayam broiler, bila sungguh-sungguh belajar dibutuhkan setidaknya 3 masa waktu panen untuk bisa mengenal karakter budidaya ayam. Dan bila diternakkan dengan menggunakan mesin semi otomatis untuk pengaturan suhu, udara, pemberian pakan dan minumannya, serta teknik budidayanya, kadang dibutuhkan waktu satu tahun untuk men-setting dan mendapatkan pola terbaik untuk menghasilkan produksi yang maksimal.

Bagaimana pun juga, setting computer untuk mengatur semua proses produksi ayam broiler  misalnya, tentu saja jangan terlalu diandalkan. Kita perlu memeriksanya secara periodik dan intens untuk memastikan bahwa tidak ada simpangan atau ketidakakuratan yang terjadi di area kandang. Apalagi bila itu sudah mencakup puluhan ribu ekor ayam yang harus kita jaga.

Cara-cara diatas, tentu saja bisa dipersingkat waktu pembelajarannya bila kita belajar dari pembudidaya terbaik yang bisa kita timba ilmu dan pengalamannya. Sehingga kita tidak perlu try and error yang terlalu lama dan buang-buang waktu, dan menghindari kesalahan-kesalahan atau pun ketidaktahuan yang biasa dilakukan oleh para pembudidaya pemula. Karenanya, bergabunglah di komunitas Ternak Maxigrow dan silakan kontak Agung MSG di Telegram / WhatsApp : 0813 2045 5598.

Lalu, bagaimana prospek ayam broiler di Indonesia ini pada umumnya ?

Dari berbagai kontak relasi dan mitra Maxigrow Indonesia, prospek peternakan ayam broiler organik ternyata hanya bertumpu pada dua kata saja : PROSPEK CERAH !

Semoga informasi ini bermanfaat adanya.  Yuk, kita maksimalkan produksi peternakan ayam broiler dengan Maxigrow Indonesia. Agar semua peternak ayam broiler happy semua dan…. merdeka !