Para urban farming yang mempunyai lahan terbatas, tak kalah akal untuk menciptakan teknik bercocok tanam di lahan yang sangat terbatas. Mulai dari hidroponik, aeroponik, akuaponik, vertikultur, hingga tambulampot.

Akuaponik ini sendiri adalah sebuah usaha budidaya perikanan dan sayuran sekaligus. Dan karenanya, pada akhirnya kita bisa panen ikan dan panen sayuran sekaligus secara bersamaan. Ya, panen Ikan Lele, Patin atau Gurame dengan Kangkung misalnya !

Akuaponik juga merupakan sebuah sistem pertanian berkelanjutan yang mengkombinasikan akuakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik. Dalam akuakultur yang normal, ekskresi dari hewan yang dipelihara akan terakumulasi di air dan meningkatkan toksisitas air jika tidak dibuang.

Akuaponik juga sangat cocok dan solusi terbaik bagi orang yang ingin memelihara ikan dan sayuran sekaligus di lahan yang sangat terbatas atau lahan sempit. Dan bila dilihat dari instalasinya, kita bisa menyebut akuaponik itu sebagai metode budidaya yang menggabungkan antara perikanan dengan tanaman dalam satu wadah.

Melalui metode akuaponik halaman menjadi asri, hobi menanam dan memelihara ikan pun tersalurkan, plus bonus ikan higienis dan sayuran organik. Instalasinya pun sangat praktis, mudah dipindahkan dan mudah perawatannya.

Lebih jauh, untuk mengenal apa dan bagaimana akuaponik itu lebih jauh, tentu saja kita perlu tahu terlebih dahulu jenis ikan dan tanaman apa yang paling bagus dipilih untuk akuaponik. Belum lagi kita pun harus mengetahui model-model akuaponik, sarana dan media akuaponiknya,  cara merawat ikan & tanaman akuaponik, hingga pengenalan gejala serangan hama dan penyakit serta cara penanggulangannya.

Ribet ?

Mungkin, bagi si pemula yang belum punya ilmunya. Karena kita pun perlu juga mengetahui analisis usaha akuaponiknya. Namun cara terbaik dan tercepat untuk belajar akuaponik adalah dengan kunjungan lapang ke lokasi budidaya akuaponik dan belajar langsung dari ahlinya.

Dengan belajar langsung dari ahlinya, dari praktisi suksesnya, saya yakin semua tak kan jadi ribet. Malah sebaliknya : mudah, dan hasilnya Insya Allah berkelimpahan dan tumpah-ruah…. Apalagi bila media tanaman dan air akuaponiknya pakai MaxiGrow, Insya Allah hasil panen keduanya – ikan dan sayurannya – akan wow !

Sumber : wikipedia.org, trubus-online.co.id dan sejumlah sumber.