Ada cerita menarik dari Dedy Suyerman, yang menjabat sebagai Manajer Koperasi Petani Agropolitan Sumber Alam, Kota Banjar – Jawa yang mana koperasinya bergerak di bidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan.

Pak Dedy punya ide bahwa ampas industri yang selama ini terbuang dan malah bisa dianggap sebagai sampah, bila ditangan oleh orang-orang kreatif tentu akan lain jalan ceritanya.

Sebagai contoh, limbah dari industri tepung sagu atau aren yang selama ini terbuang dan mencemari lingkungan dapat dimanfaatkan sebagai media tanam untuk Budidaya Jamur Merang (volvriella voluacea). Selain itu, hasil dari Agribisnis Berbasis Limbah ampas sagu itu, tentu bersifat organik, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Untuk menyatukan pemahaman, kita definisikan bahwa Agribisnis Berbasis Limbah Organik adalah sebuah usaha pertanian dengan cara memanfaatkan sisa Industri Agro (yang selama ini dianggap sebagai Limbah yang tidak bermanfaat bahkan mencermari lingkungan). Diolah melalui penerapan Teknologi Tepat Guna untuk mengrdadasi limbah organik dengan menggunakan kekuatan Bakteri, Micellium, Cacing Tanah, dan Black Soldier Fly sehingga dihasilkan komoditas pangan untuk mendapatkan protein dan karbohidrat.

Berita baiknya, limbah lain yang bisa menopang industri agro pun banyak ragamnya, bukan hanya dari limbah industri tepung sagu atau aren. Mulai dari Limbah Pertanian, Limbah Industri Kelapa Sawit, Limbah Industri Pemintalan Benang, Limbah Industri Teh Botol, Limbah Industri Tebu, Limbah Organik Pasar, hingga Limbah Kasar Lontar (Gebana).

Padahal hampir setiap wilayah di Indonesia terdapat minimal satu macam limbah di atas, limbah organik pasar misalnya, sehingga agribisnis berbasisi limbah ini mempunyai potensi untuk dikembangkan di seluruh wilayah Indonesia.

Lebih jauh, budidaya yang bisa dilakukan dalam AGRIBISNIS BERBASIS LIMBAH ORGANIK antara lain : Budidiaya Jamur Merang, Budidaya Cacing Lumbricus, Budidaya Itik dan unggas sejenis, Budidaya Ikan dan Pertanian Organik.

Lalu peran MaxiGrow-nya dimana ? Penasaran ?

Silakan, kontak saja saya ya : Agung MSG, dengan telp / SMS / WA / Telegram : 0813 2045 5598.